PENINGKATAN PEMBELAJARAN PASSING SEPAK BOLA MELALUI SISTEM PERSONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIS DARUL ULUM MATANG DANAU KEC. PALOH

Authors

  • Rusiati Rusiati

Keywords:

Passing Bawah, Sepak Bola, Sistem Personal

Abstract

Permainan sepak bola adalah salah satu olahraga yang di lakukan oleh peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani  dalam hal ini adalah teknik dasar passing bawah sepak bola merupakan salah satu materi yang harus di berikan kepada siswa dalam rangka meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan aplikasi lansung dengan kemampuan yang di miliki oleh peserta didik ,  kondisi serta membangun kesehatan baik jasmani dan rohani maka tujuan penelitian ini adalah meningkatkan passing sepak bola melalui sistem personal  pada Peserta Didik Kelas IV Di Mis Darul Ulum Matang Danau Kec. Paloh metode dalam penelitian ini mengunakan diskriptif kuantitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas olahraga. Berdasarkan hasil penelitian peserta didik setelah menggunakan meningkatkan passing sepak bola melalui sistem personal  di kelas Peserta didik kelas iv di Mis Darul Ulum Matang Danau Kec. Paloh pada siklus I nilai rata-rata yang di peroleh pada Siklus I ini adalah terdapat 27 peserta didik  tuntas dengan persentasi 75 % dan 9 peserta didik yang belum tuntas  dengan  persentasi 25 %, dan di lanjutkan ke Siklus II  dengan ketuntasan  diatas 75 % sesuai KBM terdapat 36 peserta didik yang tuntas  dengan persentasi 91 % tuntas masih ada 5 peserrata didik atau 9 % yang belum tuntas,  adapun nilai ketuntasan dalam pelajaran penjas sesuai KBM yang ada di sekolah adalah 75  Pembelajaran personal sistem memang sangat berpengaruh untuk memberikan kontribusi pada saat proses pembelajaran sepak bola khususnya passing bawah sepak bola.

Downloads

Published

2023-06-02

How to Cite

Rusiati, R. (2023). PENINGKATAN PEMBELAJARAN PASSING SEPAK BOLA MELALUI SISTEM PERSONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIS DARUL ULUM MATANG DANAU KEC. PALOH. Jurnal Locomotor. Retrieved from https://locomotor.untan.ac.id/index.php/fe/article/view/67

Issue

Section

ARTICLE