PENINGKATAN LOMPAT JAUH MELALUI PENERAPAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DI SMA N 1 BERGAS

Authors

  • Dhimas Cahya Patries Anugerah
  • Andi Wibowo
  • Dimar Jati Lukito

Abstract

Pembelajaran lompat jauh merupakan sebuah pembelajaran yang wajib di berikan kepada siswa dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan dan proses pembelajaran yang membangaun aspek kesunguhan dan keberhasilan serta memberikan arti penting bahwa motor ability secara kompetitif harus di tingkatkan baik dengan belajar atau di luar belajar dan yang lebih penting lagi sebagai ibu olahraga dengan nomor lompat namun perjalanan proses pembelajaran lompat jauh sangat mengalami kendala pada saat pembelajaran di Kelas X Di Sekolah SMA N 1 Bergas dimana peserta didik masih merasa kebingungan dimana teknik yang lebih mudah hop, step jum nya dan saat menentukan langkah sebagai titik tumpu yang lebih kuat.  untuk mengetahui lompat jauh melalui penerapan TGT (teams games tournament) Metode penelitian uyang di gunakan dalam penelitian ini adalah diskriftip kuantitatif dengan penellitian tindakan kelas dimana subyek penelitian berjumlah 36 dengan hasil penelitian pada siklus I terdapat siswa yang sudah tuntas berjumlah 20 dengan persentasi 55 % dan siswa yang belum tuntas 16 dengan persentasi  45 % maka di lanjutkan ke tahap siklus II dan jumlah siswa 36 tuntas semua atau tuntas 100%, artinya bahwa setiap pembelajaran harus di berikan segala upaya yang inovatif dan kreatif salah satunya model pembelajaran tgt (teams games tournament)

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Dhimas Cahya Patries Anugerah, Andi Wibowo, & Dimar Jati Lukito. (2022). PENINGKATAN LOMPAT JAUH MELALUI PENERAPAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DI SMA N 1 BERGAS. Jurnal Locomotor. Retrieved from https://locomotor.untan.ac.id/index.php/fe/article/view/61

Issue

Section

ARTICLE