PENINGKATAN PEMBELAJARAN PASSING SEPAK BOLA MELALUI SISTEM PERSONAL PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 09 PONTIANAK UTARA

Authors

  • Bohari
  • Ibnu Perdana
  • Agustinus P Adi Putra

Keywords:

Passing Bawah Sepak Bola, Sistem Personal

Abstract

Permainan sepak bola adalah salah satu olahraga yang di lakukan oleh peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani  dalam hal ini adalah teknik dasar passing bawah sepak bola merupakan salah satu materi yang harus di berikan kepada siswa dalam rangka meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan aplikasi lansung dengan kemampuan yang di miliki oleh peserta didik ,  kondisi serta membangun kesehatan baik jasmani dan rohani maka tujuan penelitian ini adalah meningkatkan passing sepak bola melalui sistem personal  pada siswa kelas V di seklah dasar negeri 09 pontianak utara  metode dalam penelitian ini mengunakan diskriptif kuantitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas olahraga. Berdasarkan hasil penelitian peserta didik setelah menggunakan meningkatkan passing sepak bola melalui sistem personal  di kelas V sekolah dasar negeri 09 pontiank utara  pada siklus I nilai rata-rata yang di peroleh pada siklus I ini adalah terdapat 20 peserta didik  tuntas dengan persentasi 51 % dan 19peserta didik yang belum tuntas  dengan  persentasi 49 %, dan di lanjutkan ke siklus II  dengan ketuntasan  diatas 75 % sesuai KBM terdapat 36 peserta didik yang tuntas  dengan persentasi 92 % tuntas masih ada 2 peserrata didik atau 8 % yang belum tuntas,  adapun nilai ketuntasan dalam pelajaran penjas sesuai KBM yang ada di sekolah adalah 75  Pembelajaran personal sistem memang sangat berpengaruh untuk memberikan kontribusi pada saat proses pembelajaran sepak bola khususnya passing bawah sepak bola.

Downloads

Published

2022-08-14

How to Cite

Bohari, Ibnu Perdana, & Agustinus P Adi Putra. (2022). PENINGKATAN PEMBELAJARAN PASSING SEPAK BOLA MELALUI SISTEM PERSONAL PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 09 PONTIANAK UTARA. Jurnal Locomotor, 8(9). Retrieved from https://locomotor.untan.ac.id/index.php/fe/article/view/27

Issue

Section

ARTICLE