PENINGKATAN PEMBELAJARAN LARI 40 METER MELALUI TAG GAMES DI SD NEGERI 17 KOPAR DUSUN KOPAR DESA DOSAN KECAMATAN PARINDU KABUPATEN SANGGAU

Authors

  • Umuyati Herawatini SD Negeri 17 Kopar

Keywords:

Tipe Student Teams Achievement Division, LARI 40 METER

Abstract

Lari 40 meter merupakan salah satu materi yang harus di berikan kepada siswa dalam rangka meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan aplikasi lansung dengan kondisi kebugaran dan kesehatan baik jasmani dan rohani maka tujuan penelitian ini adalah meningkatkan lari 40 meter melalui Tipe tag games Metode dalam penelitian ini mengunakan diskriptif kuantitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas olahraga. Berdasarkan hasil penelitian peserta didik setelah menggunakan Tipe tag games terhadap hasil belajar lari 40 meter di Kelas V SDN 17 Kopar Dusun Kopar Desa Dosan Kecamatan Parindu Kabupaten sanggau Pada pra siklus nilai rata-rata yang di peroleh pada pra siklus ini adalah terdapat 10 siswa yang tidak tuntas dan 6 siswa yang tuntas, nilai rata-rata yang di peroleh pada pra siklus ini adalah 27.5 % dikatakan tuntas, siklus I dengan ketuntasan 75%  sesuai KBM terdapat 4 siswa yang tidak tuntas dengan persentasi 25%, siklus ke II  dengan ketuntasan 75 sesuai KBM terdapat 16 siswa dengan persentasi 100 % tuntas  adapun nilai ketuntasan dalam pelajaran Penjas sesuai KKM yang ada di sekolah adalah 75  sehingga penelitian mencapai titik jenuh dan sepakat untuk menghentikan penelitian.

Published

2021-12-06

How to Cite

Umuyati Herawatini. (2021). PENINGKATAN PEMBELAJARAN LARI 40 METER MELALUI TAG GAMES DI SD NEGERI 17 KOPAR DUSUN KOPAR DESA DOSAN KECAMATAN PARINDU KABUPATEN SANGGAU. Jurnal Locomotor, 2(2). Retrieved from https://locomotor.untan.ac.id/index.php/fe/article/view/20

Issue

Section

ARTICLE