http://locomotor.untan.ac.id/index.php/fe/issue/feedJurnal Locomotor2024-02-05T10:24:54+00:00Ahmad Atiq[email protected]Open Journal Systemshttp://locomotor.untan.ac.id/index.php/fe/article/view/92PENINGKATAN PEMBELAJARAN SERVIS ATAS DENGAN MODEL KOOPERATIF LEARNING PADA KELAS VII DI SMP N 3 HULU SUNGAI 2024-02-05T10:24:54+00:00Pidro[email protected]Yohanes Agussalim [email protected]<p>Peningkatan pembelajaran servis atas dengan model kooperatif learning pada kelas vii di smp Vii Di Smp N 3 Hulu Sungai saat belajar masih membutuhkan perhatian secara langsung dankhusus sesuai proses yang harus di diantaranya belum faham serta tidak mampu melakukan pembelajaran servis atas dengan pola gerak padasaat servis atas secara betul dan berkelanjutan pada saat pembelajaran dengan adanya model kooperatif peseta didik lebih efektif dan mampu melakukan secara baik guna untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih kualitas Metode dan bentuk penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas olahraga dari subyek 15 peserta didik pada saat melakukan pembelajaran dimana hasil penelitian yang bisa di klasifikasikan terdiri dari siklus I terdapat peserta didik sudah tuntas berjumlah 10 dengan persentasi 66 % siswa yang belum tuntas 5 dengan persentasi 44 % maka di lanjutkan ke tahap siklus II dan jumlah speserta didik 15 tuntas 100 % pembeljaran kooperatif sangat menunjang peserta didik dalam rangka peningkat pengetahuan dan kemampuan yang di milikinya terutama permainan bola vili servis atas.</p>2024-02-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Pidro, Yohanes Agussalim http://locomotor.untan.ac.id/index.php/fe/article/view/89PENINGKATAN PEMBELAJARAN SERVIS ATAS DENGAN MODEL KOOPERATIF LEARNING PADA KELAS VII DI SMP N 8 SATAP TONAH PINOH KAB. MELAWI2024-02-01T02:08:03+00:00Andreas[email protected]Agus Sunarno [email protected]Deasy Warna [email protected]<p>Peningkatan pembelajaran servis atas dengan model kooperatif learning pada kelas vii di smp n 8 satap tonah pinoh kab. Melawi saat belajar masih membutuhkan perhatian secara langsung dankhusus sesuai proses yang harus di diantaranya belum faham serta tidak mampu melakukan pembelajaran servis atas dengan pola gerak padasaat servis atas secara betul dan berkelanjutan pada saat pembelajaran dengan adanya model kooperatif peseta didik lebih efektif dan mampu melakukan secara baik guna untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih kualitas Metode dan bentuk penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas olahraga dari subyek 15 peserta didik pada saat melakukan pembelajaran dimana hasil penelitian yang bisa di klasifikasikan terdiri dari siklus I terdapat peserta didik sudah tuntas berjumlah 10 dengan persentasi 66 % siswa yang belum tuntas 5 dengan persentasi 44 % maka di lanjutkan ke tahap siklus II dan jumlah speserta didik 15 tuntas 100 % pembeljaran kooperatif sangat menunjang peserta didik dalam rangka peningkat pengetahuan dan kemampuan yang di milikinya terutama permainan bola vili servis atas.</p>2024-02-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Andreas, Agus Sunarno , Deasy Warna