http://locomotor.untan.ac.id/index.php/fe/issue/feed Jurnal Locomotor 2024-02-05T10:24:54+00:00 Ahmad Atiq [email protected] Open Journal Systems http://locomotor.untan.ac.id/index.php/fe/article/view/92 PENINGKATAN PEMBELAJARAN SERVIS ATAS DENGAN MODEL KOOPERATIF LEARNING PADA KELAS VII DI SMP N 3 HULU SUNGAI 2024-02-05T10:24:54+00:00 Pidro [email protected] Yohanes Agussalim [email protected] <p>Peningkatan pembelajaran servis atas&nbsp; dengan model kooperatif learning pada kelas vii&nbsp; di smp Vii&nbsp; Di Smp N 3 Hulu Sungai saat belajar masih membutuhkan perhatian secara langsung dankhusus sesuai proses yang harus di diantaranya belum faham serta tidak mampu melakukan pembelajaran servis atas&nbsp; dengan pola gerak padasaat servis atas secara betul dan berkelanjutan pada saat pembelajaran dengan adanya model kooperatif peseta didik lebih efektif dan mampu melakukan secara baik &nbsp;guna untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih kualitas Metode dan bentuk penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas olahraga dari subyek&nbsp; 15 peserta didik pada saat melakukan pembelajaran dimana&nbsp; hasil penelitian yang bisa di klasifikasikan terdiri dari&nbsp; siklus I terdapat peserta didik sudah tuntas berjumlah 10 dengan persentasi 66 % siswa yang belum tuntas 5 dengan persentasi&nbsp; 44 % maka di lanjutkan ke tahap siklus II dan jumlah speserta didik 15 tuntas 100 % &nbsp;pembeljaran kooperatif sangat menunjang peserta didik dalam rangka peningkat pengetahuan dan kemampuan yang di milikinya terutama permainan bola vili servis atas.</p> 2024-02-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Pidro, Yohanes Agussalim http://locomotor.untan.ac.id/index.php/fe/article/view/89 PENINGKATAN PEMBELAJARAN SERVIS ATAS DENGAN MODEL KOOPERATIF LEARNING PADA KELAS VII DI SMP N 8 SATAP TONAH PINOH KAB. MELAWI 2024-02-01T02:08:03+00:00 Andreas [email protected] Agus Sunarno [email protected] Deasy Warna [email protected] <p>Peningkatan pembelajaran servis atas&nbsp; dengan model kooperatif learning pada kelas vii&nbsp; di smp n 8 satap tonah pinoh kab. Melawi saat belajar masih membutuhkan perhatian secara langsung dankhusus sesuai proses yang harus di diantaranya belum faham serta tidak mampu melakukan pembelajaran servis atas&nbsp; dengan pola gerak padasaat servis atas secara betul dan berkelanjutan pada saat pembelajaran dengan adanya model kooperatif peseta didik lebih efektif dan mampu melakukan secara baik &nbsp;guna untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih kualitas Metode dan bentuk penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas olahraga dari subyek&nbsp; 15 peserta didik pada saat melakukan pembelajaran dimana&nbsp; hasil penelitian yang bisa di klasifikasikan terdiri dari&nbsp; siklus I terdapat peserta didik sudah tuntas berjumlah 10 dengan persentasi 66 % siswa yang belum tuntas 5 dengan persentasi&nbsp; 44 % maka di lanjutkan ke tahap siklus II dan jumlah speserta didik 15 tuntas 100 % &nbsp;pembeljaran kooperatif sangat menunjang peserta didik dalam rangka peningkat pengetahuan dan kemampuan yang di milikinya terutama permainan bola vili servis atas.</p> 2024-02-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Andreas, Agus Sunarno , Deasy Warna